Prinsip Si Ikhlas



Bismilahirrahmanirrahiim....

***
Siang itu di terik matahari yang membumbung aku pergi untuk mencari Ridho ALLAH.
Aku menaiki angkot yang saat itu hanya baru satu dua saja yang melintasi jalan itu.
Di dalam angkot yang aku tumpangi aku bertemu dengan seorang muslimah 9sebelumnya aku sudah pernah melihat dia di kampus tapi kami beda Prodi). Kami saling sapa....
ketika hampir sampai didepan kampus, aku merogoh tasku...aku lupa membawa uang kecil cuma ada selembar uang 50 ribu.segera kusodorrkan ke arah pak kenek. tapi tiba-tiba muslimah tadi menahan tanganku,
" Ukhti, Pakai uang aku ja dulu, biasa kalau uangnya ga pas kembaliannya suka kurang lhoo.." ujarnya pelan di telingaku sambil tersenyum . Lalu belum aku mengiyakan dia langsung menyodorkan beberapa lembar uang ribuan miliknya pada pak kenek.
" Syukran mba ( sepertinya dia lebih tua dariku ), insya ALLAH nanti saya kembalikan sehabis pulang kuliah..saya tunggu di gerbang ya?!"
Tak lama kami berpisah menuju kelas masing-masing.
Setelah jam kuliah selesai, kutunggu dia didepan gerbang seperti janjiku tadi.tapi dia tidak sekali pun tampak didepanku..
beberapa hari ku coba mencarinya di kampus tapi kami tidak pernah bertemu..
Ba'da sholat ashar tanpa sengaja aku melihat muslimah yang selama ini aku cari..( aku ingin secepatnya mengembalikan uangnya)
Aku langsung menghampirinya sambil menggenggam beberapa lembar uang senilai dengan uangnya yang aku pinjam tempo lalu.


ku sapa ia dengan salam, ternyata beberapa hari kemarin dia sakit....
Setelah mengobrol beberapa lama, aku menggenggag tangannya seraya menyelipkan uang yang aku pegang. tapi dengan spontan entah kenapa ia menolak uang dariku, malah dia memasukkan kembali kedalam saku bajuku.
" Mba, ini uang yang saya pinjam untuk bayar angkot beberapa hari yang lalu" kata ku sambil menyorot matanya dengan penuh heran.
Sejenak ia menatapku dengan ramah teriring senyum indah di sudut bibirnya..

" Ukhti.." kalimatnya berhenti, dia tampak ragu untuk menjelaskan sesuatu.menarik nafas lalu dia menerukan kalimatnya.
"suatu saat apa yang aku lakukan padamu akan dilakukan pula oleh orang lain padaku...Insya ALLAH. aku hanya berusaha meyaqinkan diri bahwa apa yang kita beri pada seseorang atau kita pernah membantunya, maka ALLAH yang akan menggantinya dengan cara~NYA. Namun jika aku mengharap pada orang yang aku bantu itu..di khawatirkan akan timbul penyakit hati." jelasnya dengan bahasa yang lembut berusaha sedemikian mungkin menyembunyikan kebaikannya.
Aku hanya terkagum-kagum mendengar penjelasan yang singkat namun sungguh sangat berharga. Kejadian ini telah menjadi pembelajaran hidup yang sangat bermakna dalam kehidupanku....

" BELAJAR KEIKHLASAN DENGAN HANYA MENGHARAP GANTINYA DARI ALLAH'



SUBHANALLAH....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar