RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMA Muhammadiyah 09 Bekasi
Mata
Pelajaran : Pendidikan Tarikh
Kelas/Semester
: XI / Genap
Alokasi
Waktu : 1 x 45 Menit ( 1 x Pertemuan )
Standar Kompetensi : 1. Memahami
Perkembangan Islam setelah Bani Umayah di Andalusia (Spanyol ) dan di dunia
Islam kontemporer
Kompetensi
Dasar :1.1 Memahami perkembanganan peran Daulah
Murabithun dalam pengembangan Islam serta dapat mengambil hikmahnya.
Indikator : 1. Menjelaskan
sejarah lahirnya Daulah Murabithun.
2.
Menjelaskan alasan pasukan Murabithun ingin mengembangkan
kekuasaannya di Andalusia.
3.
Menyebutkan nama
–nama khalifah dan perannya yang menonjol.
4.
Menjelaskan
peran Daulah Murabithun dalam pengembangan Islam.
5.
Menjelaskan
factor-faktor keberhasilan dan keruntuhannya.
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran selesai diharapkan siswa mampu;
1. Menjelaskan
sejarah lahirnya Daulah Murabithun.
2. Menerangkan
alasan pasukan Murabithun ingin mengembangkan kekuasaannya di Andalusia.
3. Menyebutkan
nama- nama khalifah dan perannya yang menonjol.
4. Menjelaskan
peran Daulah Murabithun dalam pengembangan Islam.
5. Menjelaskan
factor- factor keberhasilan dan keruntuhannya.
B.
Materi
Pembelajaran
Daulah
Murabithun
C.
Metode
Pengajaran
1. Ceramah
Interaktif
2. Diskusi
3. Tanya
jawab
4. Penugasan
D.
Langkah
– Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
Motivasi
a. Memberikan
salam dan memulai pelajaran dengan berdoa bersama dengan membaca basmallah
serta mengecek siswa yang tidak hadir.
b. Guru
mengadakan tanyajawab dengan siswa mengenai kegiatan hari ini, misalnya:
·
Bagaimana anak-anak keadaan kalian hari
ini?sehat semua kan?
·
Masih tetap semangat mengikuti pelajaran hari ini?harus semangat
ya!
·
Guru meneriakkan kata-kata motivasi
untuk menumbuhkan semangat belajar siswa. Misalnya: ayo anak-anak kita
bersama-sama teriakkan yel-yel semangat!Jika ibu menanyakan bagaimana kabarnya
hari ini?jawabannya : Alhamdulillah…tetap semangat.
·
Baiklah anak-anak mari kita mulai
pembelajaran hari ini dengan penuh semangat!
Apersepsi
a. Secara
ringkas mengingatkan kembali materi
pelajaran yang telah diberikan sebelumnya, terkait dengan materi yang akan
dipelajari hari ini.misalnya:
·
Tentang perkembangan Islam yang masuk ke
Andalusia.
·
Tentang penyebab runtuhnya Daulah Umayah
di Andalusia.
b. Menyampaikan
kompetensi dari materi yang akan diajarkan.
c. Menjelaskan
tujuan yang ingin dicapai dari materi yang akan diajarkan.
2. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
a. Guru
memandu siswa untuk membentuk kelompok diskusi, yang terbagi menjadi 4 kelompok.
b. Guru
membagikan selembar kertas berisi materi yang akan didiskusikan kepada setiap
kelompok . Masing-masing kelompok membahas tentang :
·
Sejarah lahirnya Daulah Murabithun di
Andalusia.
·
Penyebab runtuhnya Daulah Murabithun.
c. Setelah
memberikan penjelasan ringkas tentang Daulah Murabithun, siswa mengerjakan
tugas kerja, bersama kelompoknya masing-masing.
Elaborasi
a. Guru
mengamati semua kegiatan siswa yang sedang berdiskusi.
b. Guru
memandu siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok secara bergantian.
c. Guru
memandu siswa untuk mendengarkan dan menanggapi hasil kerja dari kelompok yang
mempresentasikan.
Konfirmasi
a. Guru
memberikan komfirmasi dari pendapat-
pendapat siswa yang beredar.
b. Guru
memberikan penegasan dan pemantapan materi pembelajaran.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru
bersama siswa membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
b. Guru
mengumpulkan hasil diskusi sebagai dokomentasi dari hasil pembelajaran.
c. Menginformasikan
kegiatan pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, yaitu memahami
perkembangan Daulah Muwahidun dalam mengembangkan Islam.
d. Guru
memberikan motivasi kepada siswa agar giat belajar.
e. Guru
mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dan salam.
E.
Sumber
/ Alat Bahan
1. Majelis
Disdasmen PWM DIY.
2. Pendidikan
Tarikh untuk SMA/MA/SMK kelas 11, 2008
F.
Alat / media
1. Perangkat
pembelajaran
2. Laptop
dan LCD
G.
Penilaian
1. Bentuk
Tes
a. Format
Penilaian Kelompok (Perilaku siswa dalam diskusi kelompok )
No
|
Nama Anggota
Kelompok
|
Point
Penilaian
|
Total Point
|
Keterangan
|
||||
Kerjasama
|
Percaya
Diri
|
Rasa
Ingin Tahu
|
Tanggung
Jawab
|
Keaktifan
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
A = 20 – 25 point
B = 15 – 19 point
C = 10 – 14 point
D = 05 – 09 point
b. Format
Penilaian Individu (Tes tertulis dalam bentuk uraian )
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrument
|
·
Menjelaskan sejarah lahirnya Daulah Murabithun
|
Penugasan
|
Uraian
|
Jelaskan
secara ringkas sejarah lahirnya Daulah Murabithun!
|
·
Menerangkan alasan pasukan Murabithun ingin
mengembangkan kekuasannya di Andalusia
|
Penugasan
|
Uraian
|
Tuliskan
alasan pasukan Murabithun ingin mengembangakan kekuasaannya di Andalusia !
|
·
Menyebutkan nama-nama khalifah dan perannya yang
menonjol
|
Penugasan
|
Uraian
|
Sebutkan
nama- nama khalifah dan perannya yang menonjol !
|
·
Menjelaskan peran Daulah Murabithun dalam
pengembangan Islam
|
Penugasan
|
Uraian
|
Tuliskan
peran Daulah Murabithun dalam pengembangan Islam !
|
·
Menjelaskan factor-faktor keberhasilan dan
keruntuhannya.
|
Penugasan
|
Uraian
|
Tuliskan
factor- factor keberhasilan dan keruntuhannya !
|
2. Bentuk
Soal
a. Jelaskan
secara ringkas sejarah lahirnya Daulah Murabithun !
b. Tuliskan
alasan pasukan Murabithun ingin mengembangakan kekuasaannya di Andalusia !
c. Sebutkan
nama- nama khalifah dan perannya yang menonjol !
d. Tuliskan
peran Daulah Murabithun dalam pengembangan Islam !
e. Tuliskan
factor- factor keberhasilan dan keruntuhannya !
3. Kunci
Jawaban
a. Daulah
Murabithun awalnya adalah sebuah gerakan keagamaan yang didirikan oleh Yusuf Ibnu Tasyfin di Afrika Utara. Pada
tahun 1062 M, Ia berhasil mendirikan sebuah kerajaan yang berpusat di Marakesy
yang diberi nama Daulah Murabithun. Ketika Raja- raja kecil Islam di Andalusia
mengalami tekanan dari Raja- raja kecil yang di koordinasikan oleh Raja
Alfonso, Raja-raja kecil tersebut bersepakat untuk meminta bantuan kepada
Penguasa Islam di Afrika Utara. Akhirnya, pada tahun 1088 M peperangan
dimenangkan oleh umat Islam. Ia dan tentaranya memasuki Andalusia pada tahun
1086 M dan berhasil mengalahkan pasukan Castilia.
b. Pasukan
Daulah Murabithun memasuki kembali Andalusia karena ingin menjadikannya sebagai
bagian dari wilayah kekuasaanya. Alasannya , karena :
a) Pasukan
Murabithun lebih kuat bila dibandingkan dengan pasukan Raja- raja kecil Islam
di Andalusia.
b) Keadaan
tanah Andalusia relative subur sehingga kehidupan rakyatnya menjadi makmur.
c) Kondisi
Andalusia sudah maju dan menariuk perhatian, bila dibandingkan dengan Afrika.
c. Yusuf
Ibnu Tasyfin
Perannya yang menonjol:
Dia mampu memenangkan peperangan di Andalusia melawan pasukan Castilia.
d. Peran
Daulah Murabithun dalam pengembangan Islam adalah berhasil mempertahankan
Wilayah kekuasaan Islam di Andalusia dari serangan Raja- raja Kristen.
e. Factor
keberhasilan Daulah Murabithun:
Berhasil mengalahkan
pasukan Castilia di Andalusia.
Faktor – factor
keruntuhan Daulah Murabithun :
-
Para Penguasa setelah Raja Tasyfin
adalah Raja-raja yang lemah.
-
Jatuhnya Saragossa ke tangan Pasukan
Kristen.
Bekasi,……………….
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Calon Guru/Praktikan
Drs. H. Hasan Mansjur, M. Ag Shaliha
Tidak ada komentar:
Posting Komentar