Contoh RPP (SKI)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                       : SMA Muhammadiyah 09 Bekasi
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Tarikh
Kelas/Semester                      : XI / Genap
Alokasi Waktu                       : 1 x 45 Menit ( 1 x Pertemuan )
 Standar Kompetensi              : 1.     Memahami Perkembangan Islam setelah Bani Umayah di Andalusia (Spanyol ) dan di dunia Islam kontemporer
Kompetensi Dasar                  :1.1    Memahami perkembanganan peran Daulah Murabithun dalam pengembangan Islam serta dapat mengambil hikmahnya.
 Indikator                               :  1.  Menjelaskan sejarah lahirnya Daulah Murabithun.
2.      Menjelaskan  alasan pasukan Murabithun ingin mengembangkan kekuasaannya di Andalusia.
3.      Menyebutkan nama –nama khalifah dan perannya yang menonjol.
4.      Menjelaskan peran Daulah Murabithun dalam pengembangan Islam.
5.      Menjelaskan factor-faktor keberhasilan dan keruntuhannya.

A.     Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran selesai diharapkan siswa mampu;
1.      Menjelaskan sejarah lahirnya Daulah Murabithun.
2.      Menerangkan alasan pasukan Murabithun ingin mengembangkan kekuasaannya di Andalusia.
3.      Menyebutkan nama- nama khalifah dan perannya yang menonjol.
4.      Menjelaskan peran Daulah Murabithun dalam pengembangan Islam.
5.      Menjelaskan factor- factor keberhasilan dan keruntuhannya.

B.     Materi Pembelajaran
Daulah Murabithun
C.    Metode Pengajaran

1.      Ceramah Interaktif
2.      Diskusi
3.      Tanya jawab
4.      Penugasan

D.    Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran

1.      Kegiatan Awal
Motivasi
a.       Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan berdoa bersama dengan membaca basmallah serta mengecek siswa yang tidak hadir.
b.      Guru mengadakan tanyajawab dengan siswa mengenai kegiatan hari ini, misalnya:
·         Bagaimana anak-anak keadaan kalian hari ini?sehat semua kan?
·         Masih tetap semangat  mengikuti pelajaran hari ini?harus semangat ya!
·         Guru meneriakkan kata-kata motivasi untuk menumbuhkan semangat belajar siswa. Misalnya: ayo anak-anak kita bersama-sama teriakkan yel-yel semangat!Jika ibu menanyakan bagaimana kabarnya hari ini?jawabannya : Alhamdulillah…tetap semangat.
·         Baiklah anak-anak mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan penuh semangat!
Apersepsi
a.       Secara ringkas mengingatkan kembali  materi pelajaran yang telah diberikan sebelumnya, terkait dengan materi yang akan dipelajari hari ini.misalnya:
·         Tentang perkembangan Islam yang masuk ke Andalusia.
·         Tentang penyebab runtuhnya Daulah Umayah di Andalusia.
b.      Menyampaikan kompetensi dari materi yang akan diajarkan.
c.       Menjelaskan tujuan yang ingin dicapai dari materi yang akan diajarkan.

2.      Kegiatan Inti

Eksplorasi
a.       Guru memandu siswa untuk membentuk kelompok diskusi,  yang terbagi menjadi 4 kelompok.
b.      Guru membagikan selembar kertas berisi materi yang akan didiskusikan kepada setiap kelompok . Masing-masing kelompok membahas tentang :
·         Sejarah lahirnya Daulah Murabithun di Andalusia.
·         Penyebab runtuhnya Daulah Murabithun.
c.       Setelah memberikan penjelasan ringkas tentang Daulah Murabithun, siswa mengerjakan tugas kerja, bersama kelompoknya masing-masing.
Elaborasi
a.       Guru mengamati semua kegiatan siswa yang sedang berdiskusi.
b.      Guru memandu siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok secara bergantian.
c.       Guru memandu siswa untuk mendengarkan dan menanggapi hasil kerja dari kelompok yang mempresentasikan.
Konfirmasi
a.    Guru memberikan komfirmasi dari  pendapat- pendapat siswa yang beredar.
b.    Guru memberikan penegasan dan pemantapan materi pembelajaran.

3.      Kegiatan  Penutup
a.    Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
b.    Guru mengumpulkan hasil diskusi sebagai dokomentasi dari hasil pembelajaran.
c.    Menginformasikan kegiatan pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, yaitu memahami perkembangan Daulah Muwahidun dalam mengembangkan Islam.
d.   Guru memberikan motivasi kepada siswa agar giat belajar.
e.    Guru mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dan salam.

E.     Sumber / Alat Bahan
1.      Majelis Disdasmen PWM DIY.
2.      Pendidikan Tarikh untuk SMA/MA/SMK kelas 11, 2008

F.       Alat / media
1.      Perangkat pembelajaran
2.      Laptop dan LCD

G.    Penilaian
1.      Bentuk Tes
a.       Format Penilaian Kelompok (Perilaku siswa dalam diskusi kelompok )

No
Nama Anggota Kelompok
Point Penilaian
Total Point
Keterangan
Kerjasama
Percaya Diri
Rasa Ingin Tahu
Tanggung Jawab
Keaktifan
1








2








3








4








5









Keterangan :
A = 20 – 25 point
B = 15 – 19 point
C = 10 – 14 point
D =  05 – 09 point



b.      Format Penilaian Individu (Tes tertulis dalam bentuk uraian )
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrument
·         Menjelaskan sejarah lahirnya Daulah Murabithun
Penugasan
Uraian
Jelaskan secara ringkas sejarah lahirnya Daulah Murabithun!
·         Menerangkan alasan pasukan Murabithun ingin mengembangkan kekuasannya di Andalusia
Penugasan
Uraian
Tuliskan alasan pasukan Murabithun ingin mengembangakan kekuasaannya di Andalusia !
·         Menyebutkan nama-nama khalifah dan perannya yang menonjol
Penugasan
Uraian
Sebutkan nama- nama khalifah dan perannya yang menonjol !
·         Menjelaskan peran Daulah Murabithun dalam pengembangan Islam
Penugasan
Uraian
Tuliskan peran Daulah Murabithun dalam pengembangan Islam !
·         Menjelaskan factor-faktor keberhasilan dan keruntuhannya.
Penugasan
Uraian
Tuliskan factor- factor keberhasilan dan keruntuhannya !

2.      Bentuk Soal
a.       Jelaskan secara ringkas sejarah lahirnya Daulah Murabithun !
b.      Tuliskan alasan pasukan Murabithun ingin mengembangakan kekuasaannya di Andalusia !
c.       Sebutkan nama- nama khalifah dan perannya yang menonjol !
d.      Tuliskan peran Daulah Murabithun dalam pengembangan Islam !
e.       Tuliskan factor- factor keberhasilan dan keruntuhannya !
3.      Kunci Jawaban
a.       Daulah Murabithun awalnya adalah sebuah gerakan keagamaan yang didirikan  oleh Yusuf Ibnu Tasyfin di Afrika Utara. Pada tahun 1062 M, Ia berhasil mendirikan sebuah kerajaan yang berpusat di Marakesy yang diberi nama Daulah Murabithun. Ketika Raja- raja kecil Islam di Andalusia mengalami tekanan dari Raja- raja kecil yang di koordinasikan oleh Raja Alfonso, Raja-raja kecil tersebut bersepakat untuk meminta bantuan kepada Penguasa Islam di Afrika Utara. Akhirnya, pada tahun 1088 M peperangan dimenangkan oleh umat Islam. Ia dan tentaranya memasuki Andalusia pada tahun 1086 M dan berhasil mengalahkan pasukan Castilia.
b.      Pasukan Daulah Murabithun memasuki kembali Andalusia karena ingin menjadikannya sebagai bagian dari wilayah kekuasaanya. Alasannya , karena :
a)      Pasukan Murabithun lebih kuat bila dibandingkan dengan pasukan Raja- raja kecil Islam di Andalusia.
b)      Keadaan tanah Andalusia relative subur sehingga kehidupan rakyatnya menjadi makmur.
c)      Kondisi Andalusia sudah maju dan menariuk perhatian, bila dibandingkan dengan Afrika.
c.       Yusuf Ibnu Tasyfin
Perannya yang menonjol: Dia mampu memenangkan peperangan di Andalusia melawan pasukan Castilia.
d.      Peran Daulah Murabithun dalam pengembangan Islam adalah berhasil mempertahankan Wilayah kekuasaan Islam di Andalusia dari serangan Raja- raja Kristen.
e.       Factor keberhasilan Daulah Murabithun:
Berhasil mengalahkan pasukan Castilia di Andalusia.
Faktor – factor keruntuhan Daulah Murabithun :
-          Para Penguasa setelah Raja Tasyfin adalah Raja-raja yang lemah.
-          Jatuhnya Saragossa ke tangan Pasukan Kristen.

                                                                                                            Bekasi,……………….
                                                                                                            Mengetahui,

Dosen Pembimbing                                                             Calon Guru/Praktikan

Drs. H. Hasan Mansjur, M. Ag                                                                Shaliha

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar